Kebun Raya Purwodadi, Wisata Botani Di Jawa Timur (1)

Bila Anda sedang dalam perjalanan Surabaya - Malang (bukan jalur tol), anda akan melewati dua tujuan wisata Botani yang menarik untuk dikunjungi. Pertama, Kebun Raya Purwodadi dan yang kedua Kebun Teh Wonosari. Ya, kedua wisata tersebut terletak di jalur Surabaya - Malang yang strategis dan mudah dicapai. Bahkan Kebun Raya Purwodadi terletak tepat di pinggir jalan Raya Surabaya - Malang Km 65 Purwodadi Pasuruan. Sedangkan Kebun Teh Wonosari meski bukan di pinggir jalan karena terletak di desa Wonosari Singosari, namun untuk menuju ke sana tak memerlukan waktu yang lama, sekitar sepuluh kilo saja dari jalan poros Surabaya Malang.

Pada hari Sabtu tanggal 1 Desember 2018 yang lalu, kami berkesempatan mengunjungi kedua tempat wisata itu dan tulisan ini adalah reviewnya yang saya bagi menjadi dua tulisan. Yang pertama tentang Kebun Raya Purwodadi, lalu yang kedua tentang Kebun Teh Wonosari Malang

Kebun Raya Purwodadi.


Asyik spotnya nih, serupa sepanjang jalan kenangan :D


Mungkin, bila mendengar nama Kebun Raya benak anda sudah membayangkan sebuah lahan dengan berbagai macam tumbuhan. 100 % anda benar, karena memang Kebun Raya adalah sebuah kebun yang luas, di dalamnya ditanami dengan berbagai jenis tumbuhan langka dan tumbuhan lain yang bermanfaat untuk dilestarikan. Selain untuk konservasi, Kebun Raya juga berfungsi sebagai wisata edukasi yang menyenangkan. Kebun Raya dikelola Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Kebun Raya Purwodadi adalah salah satu dari empat Kebun Raya yang sudah seattle di Indonesia. Tiga lainnya yaitu Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Eka Karya Bali. Sedikit tambahan, kenapa keempat Kebun Raya itu disebut sudah seattle? karena ada 19 Kebun Raya lainnya di seluruh tanah air yang masih dalam tahap perencanaan, pembangunan atau pengembangan. Contohnya Kebun Raya Pare-Pare dan Kebun Raya Samosir.

Memasuki areal Kebun Raya Purwodadi, hawa segar dan rindang langsung menyambut. Terasa sejuk dengan hijaunya pepohonan ke arah mana pun mata memandang. Di kebun yang luas lahannya mencapai 85 hektare, terdapat lebih dari sepuluh (10) ribu koleksi tanaman. Dikelompokkan sesuai klasifikasinya dan diberi papan nama sebagai keterangan singkat.

Pintu Gerbang. Gambar diambil dari Google

Jalan Utama. Swejuk. Gambar diambil dari Google

Kebun ini dilengkapi dengan beberapa taman bunga. Antara lain Taman Bugenvil, Taman Anggrek dan Taman Meksiko. Di beberapa sudut kebun ada kamar mandi, musholla dan arena bermain anak. Juga ada danau buatan yang lumayan besar untuk bermain sepeda air atau sekedar memancing.


Danau buatan di Kebun Raya Purwodadi. GAmbar diambil dari Google

Di sisi selatan, ada lahan yang dikondisikan mirip hutan. Daun-daun kering yang berguguran dibiarkan begitu saja menupuk di permukaan tanah, tunas-tunas yang tumbuh juga dibiarkan, tidak dipindah atau diapakan. Pokoknya semua tanaman di areal itu dibiarkan begitu saja untuk diamati bagaimana cara  berkembangbiak secara alami.

Untuk berkeliling kebun yang luas ini, pengunjung yang membawa mobil boleh menggunakannya untuk mengelilingi kebun. Atau bisa juga dengan menyewa sepeda dan naik kereta kelinci (biasanya tersedia hanya pada hari libur).

Yang menarik di kebun ini, terutama bagi generasi kekinian, adalah banyaknya spot yang instagramable. Lingkungan yang bersih, rindang dan terkesan alami sangat sayang untuk dilewatkan sebagai latar belakang foto. Banyak lho, yang menjadikan Kebun Raya sebagai latar foto prewedding atau pemotretan model profesional. Kebetulan, ketika kami berkunjung ke sana, ada sekelompok kru fotografer dan model yang sedang mengadakan pengambilan foto.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Kebun Raya Purwodadi terletak di pinggir jalan Raya Surabaya - Malang km 65 Purwodadi. Dapat ditempuh dengan 1-1,5 jam perjalanan dari kota Surabaya atau 1 jam dari kota Malang.

Untuk ukuran salah satu Kebun Raya terbesar di Indonesia, tiket masuk ke kebun ini terbilang murah yaitu 10 ribu/orang, mobil 15,5 ribu dan sepeda motor 8,5 ribu.


Ihiir






Di Taman Bugenvil

Aduh maksudnya apa si kecil kok pose beginian :D



Ada semacam gazebo untuk duduk melepas lelah sambil membuka bekal


parkir luas, eh ada kali kecil yang airnya jernih

Jadi ingin berkunjung kan?

Comments

  1. Iyaa pengen...
    #panggilkakakk 🤭

    ReplyDelete
  2. Mobil dan motor itu maksudnya harga parkirnya gitu, Mbak? Atau gimana, ya?
    Luas juga ini tempat wisata, keren sih, jadi pengin berkunjung.

    ReplyDelete
  3. Aku pernah kemping di sana, Mbakyu. Dengan pengalaman berbagi toilet yg aduhai. Ha..ha..

    ReplyDelete
  4. Dari dulu mupeng pengen ke sini belum keturutan. Terimakasih review-nya mbak nazlah

    ReplyDelete
  5. Pernah ksini breng kluarga hbis idul fitri.. enak sih tempatnya...

    ReplyDelete
  6. Yang kebun teh wonoWono sudah pernah dan sempat saya bahas juga di blog saya, tapi kalo kebun raya Purwodadi kayaknya keren juga ..

    ReplyDelete
  7. Sering kesini..tapi belum nulis..wah mb memotivasi saya agar nulis..thanks

    ReplyDelete

Post a Comment